KPK: Kalau Mau Jujur, Seluruh Pejabat Daerah Papua Bisa Ditangkap

24345
KPK-Kalau-Mau-Jujur,-Seluruh-Pejabat-Daerah-Papua-Bisa-Di-Tangkap
KPK-Kalau-Mau-Jujur,-Seluruh-Pejabat-Daerah-Papua-Bisa-Di-Tangkap
KPK-Kalau-Mau-Jujur,-Seluruh-Pejabat-Daerah-Papua-Bisa-Di-Tangkap

Jakarta – TabloidBongkar.com – Saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi III dengan Pemimpin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), terkait pembahasan Legalisasi dan Pengawasan diruang rapat Komisi III, Laode Muhammad Syarif, Wakil Ketua KPK menjelaskan bahwa banyak pejabat di daerah Papua bisa ditangkap.

“Tolong bapak-bapak perhatikan ini, soal Papua ini masalahnya sangat besar. Kalau kita mau jujur seluruh Bupati dan pejabat di Papua, bisa kami angkut semua,” ucapnya.

Pernyataan itu didasarkan bila KPK menggunakan pengertian atau defenisi korupsi secara sempit. Pasalnya, hampir semua bupati dan pejabat di Papua sering sekali memberikan cash kepada macam-macam kegiatan. Selain itu KPK menilai dalam transaksi secara cash, disinyalir unsur praktik pencucian uang, dimana dalam pemberian uang dalam jumlah besar itu digunakan untuk berbagai macam kegiatan.

KPK secara tegas ingin melakukan kajian secara khusus untuk melakukan proyek pencegahan dan pendampingan agar Papua secara keseluruhan dapat terselamatkan. “ Kalau tidak dilakukan secara cepat, semua pejabat-pejabat di Papua bisa habis kami tangkap,” tegasnya. (James/Antony)

47 COMMENTS

  1. Lalu kenapa tdk bisa tangkap ini namanya pemerintah pusat bekerja sama dengan pejabat di papua untuk membuat rakyat papua menderta di atas kekayaannya sendiri. Tega sekali kamu. Atau mau hancurkan papua dengan cara2 yg tdk populer kh.???????

  2. Ditankap saja karena memberi contoh yang tidak benar dan akan dilanjuti oleh kepala daerah berikutnya, ini berakar harus dihentikan.

  3. Tangkap saja pejabat2 Papua semuanya. Kalau KPK membiarkan hal ini berarti sama saja KPK tidak punya nyali dan takut pejabat Papua. Yg terlebih lagi adalah keberadaan kinerja KPK juga bisa dipertanyakan low??

  4. Jangan hanya omong doang kpk dan pemerintah pusat tp tindakan yang kami butuhkan kami rakyat papua sngat di intimidasi.

  5. Masalah papua itu tidak perlu kompromi perlu ketegasan untuk yg lebih baik & benar di negara ini. Mari kita bentangkan kebenaran ini seluas2nya utk rakyat kita yg sedang menanti perubahan.

  6. Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB), Komando Daerah Pertahanan (KODAP) NGALUM-KUPEL telah menerima SURAT KEPUTUSAN (SK) KODAP dibawah pimpinan panglima tinggi Komando Nasional TPNPB Jenderal.GOLIATH TABUNI. Penerimaan SK yang telah ditetapkan di setiap KODAP seluruh Papua dengan jumlah 24 KODAP, yang disahkan dan ditetapkan di makas KODAP Tabi pada tanggal 7 Agustus 2014 lalu. Namun untuk KODAP NGALUM-KUPEL baru serahkan dari team Markas Pusat Komando Nasional TPNPB pada tanggal 24 Januari 2015 di Markas KODAP Ngalum-Kupel. Hal itu melaporkan dari Kepala penerangan KODAP Ngalum-Kupel Mayor. Okbang Uopmabin bahwa, upacara penyerahan SK Kodap berjalan aman di Kodap Ngalum –Kupel.

    Upacara pengibaran bendera bintang fajar untuk penyerahan SK dan Berita Acara Sumpa Jabatan Panglima KODAP dan KASDAP Ngalum-Kupel, dilaksanakan di Markas KODAP setempat. Penyerahan SK Kodap dan atribut lainnya di lapangan upacara Markas KODAP Ngalum-Kupel dihadiri dari setiap prajurit Tamtama, Bintara Menengah, Bintara Tinggi dan Perwira Menengah, Dewan Militer KODAP serta simpatisan lainnya.

    Pimpinan KODAP Ngalum Kupel telah menjadi militer Papua secara resmi sejak dilantik dengan mengangkat sumpa janji sebagai perwira. Dengan demikian penyerahan SK KODAP dari Markas Pusat TPNPB adalah untuk semua kewenangan KODAP sepenuhnya diberikan kepada pimpinan KODAP supaya melaksanakan prokram kerja perjuangan kemerdekaan Papua Merdeka dari wilayah tersebut sesuai perintah Markas Pusat.

    Penyerahan Surat Keputusan KODAP Ngalum-Kupel terdapat nomor urut KODAP yang ke 15 (lima belas). KODAP 15 adalah Ngalum-Kupel di wilayah Pegunungan Bintang, yang ditetapkan pada 7 Agustus 2014. 24 Kodap yang ditetapkan dan disahkan pada saat pelantikan semua panglima KODAP adalah dibawa pimpinan Panglima Tinggi TPNPB Jenderal. Goliath Tabuni, salah satunya adalah Ngalum-Kupel.

    KODAP NGALUM-KUPEL dipimpin oleh Brigadir Jenderal. Lamek Taplo Panglima KODAP atau yang disingkat (PANGKODAP), sementara itu Kepala Staf KODAP adalah Kolonel. Okpapi Enos Alwolmabin sebagai wakil panglima daerah atau (KASDAP) Ngalum-Kupel. Keduanya adalah Pimpinan Kodap Ngalum-Kupel pada Komando Nasional TPNPB.

    Berikut isi pidato PANGKODAP Ngalum-Kupel setelah menerima SK KODAP dan Berita Acara Sumpa Jabatan, dibacakan di Panggung Lapangan Upacara Markas KODAP Ngalum-Kupel didepan seluruh prajurit TPNPB yang telah hadir pada Upacara Penerimaan SK KODAP.

    ORGANISASI PAPUA MERDEKA

    TENTARA PEMBEBASAN NASIONAL PAPUA BARAT (TPNPB)

    PIDATO PANGKODAP NGALUM-KUPEL

  7. Kenapa KPK harus takut tangkap dan adili sesuai UUD. Kalau tdk bisa ditangkap dibunuh saja secara misterius….
    kalo tikus dipiarah terus…..
    Rakyat akan terus meneriakan PAPUA MERDEKA…

  8. harus dikawal dan otonomi khusus dari pemerintah pusat ke pejabat provinsi papua agar tepat sasaran dan bisa mensejahterakan masyarakat papua dan juga masyarakat harus memantau aliran dana tersebut agar tidak digunakan pejabat daerah untuk berfoya-foya ddemi melampiaskan nafsu bejat pribadi

  9. Padahal selama ini dana yg digelontorkan utk Papua cukup besar,akan tetapi gmna bisa maju para pejabat 75 persen alih2 sibuk dan menyibukan diri gedung perkantorean byk yg kosong sedangkan rakyat makanpun srba kekurangan akhirnya para pendatang yg benar2 jujur akan membangun Papua mendapat dampak negatif

  10. Bukan tdk adil adik theanius murib,tapi masih belum waktunya nanti akan diseret semua pendekar2 korup di tanah Cendrawasih

  11. Tdk ada utk menghancurkan saudara michael,tapi masih butuh pertingan yg matang artinya supaya tetap kondosip Papua yg terkenal cukup byk suku suatu saat pelaku korup keseret kok

  12. menyikapi terkait Papua membutuhkan waktu,dikarenakan mungkin pihak pemerintah mengkondusifkan Papua agar rakyat damai,disisi lain pendekar2 korup bukan surut atau mengkerut justru semakin menindas rakyat

  13. Hanya gertakan sambal…trada yg berani, kalau hebat, KPK angkut semua, korupsi pejabat di pemerintah pusat saja banyak yg tidak tuntas…

  14. Bapak Wakil KPK yang Terhormat,
    Saya aktivis jalan dari Kampus Universitas Papua, Manokwari. kami aktivis ini sudah habiskan setengah usia kami untuk bersuara demi keadilan di negeri Kami. namun seakan Hukum di Negara ini seperti Parang, Tajam ke Bawah, tumpul ke atas. saya mohon dengan sangat agar jangan ini hanya wacana belaka, namun kami ingin ACTION LAPANGAN.!!!!!
    BAPAK MAU TAU, bahwa sebenarnya yang menjadi separatis itu bukan saudara-saudara kita yang berjuang Papua Merdeka, Namun Separatis sebenarnya itu adalah Pejabat-pejabat di Papua. karena mereka yang tidak memberikan kesejahteraan bagi rakyat.
    SAYA TEGASKAN KEMBALI, JANGAN TANGKAP DAN SERET KAMI AKTIVIS JALANAN YANG BERTERIAK MERDEKA LALU JERAT KAMI DENGAN PASAL MAKAR, NAMUN TANGKAP PEJABAT-PEJABAT BIADAP ITU, LALU JERAT MEREKA DENGAN PASAL BERLAPIS. BILA PERLU PANCUNG SAJA DARIPADA BANYAK RAKYAT YANG MELARAT, ANAK SEKOLAH TERLANTARKAN, KESEHATAN TIDAK DIJAMIN, BANYAK IBU HAMIL KEKURANGAN GIZI, DSB.
    BAPAK KALU MAU TAU, CEK RUMAH-RUMAH MEWAH MULAI DARI PAPUA SENDIRI SAMPAI KE JAWA, ADA ISTRI DAN ANAK, RUMAH-RUMAH MEWAH, ITU MILIK SIAPA? PARA PEJABAT YANG PUNYA WIL (WANITA IDAMAN LAIN) & RIL (RUMAH IDAMAN LAIN). KAMI AKTIVIS SIAP MEMBANTU KPK DI DAERAH…!!!

  15. KPK jangan asal ngomong ya…
    tolong buktikan…
    kami mau semua di tangkap…!!!
    kami aktivis siap membantu KPK di Daerah namun jika tidak, maka akan perangi KPK dan Pejabat.

  16. Pemerintah RI bentuk KPK untuk memberantas Para koruptor hanya di daerah jawa saja, daerah-daerah lain tidak seperti papua, aceh, ambon pada hal didaerah-daerah itu koruptornya sangat banyak permbangunan pun macet, tetapi para koruptor tidak ditangkap. apakah adil atau tidak atau seperti apa niat KPK terhadap daerah-daerah itu? jujur lebih bagus dari pada di diamkan.

  17. Mesti dicermati dulu, kalau dianggap salah secara administratif karena keterbatasan fasilitas (lembaga keuangan/bank) dan dana tetap utk kepentingan rakyat ya bisa dimaklumi. Tapi kalau kesalahan karena memperkaya dirinya, ya tetap harus diproses.

  18. Koruptor = virus
    Semakin di tekan semakin berkembang
    Dibunuh sj lbh baik tooo…????
    KPK, BPK N INPEKTORAT jgn takut maju terus…

  19. Jgn pandang bulu pejabat di manapun yg korupsi harus di tindak klu dibiarkan kapan bisa maju daerah2 yg tikus berkeliaran…KPK maju terus

  20. Menurut saya,,
    penegak Hukum blm tegas & para Kpk seperti brada didlm keadaan tegang, apalgi mereka yg non Papua sangat gmbang diatur oleh para pejabat2 papua,

    saya sngat setuju,, kalau bicra jjur, bnyak pjabat yg akan ditngkap ,,

  21. Ya… KPK juga jangan buat pernyataan yang bersifat umum bahwa semua pejabat di Papua itu korup. Karena pernyataan seperti itu juga mendiskreditkan orang Papua, harusnya KPK tunjukan bukti2 yang sudah diperoleh.

  22. Pernyataan KPK sepertinya pernyataan abu-abu ..sekrang kalau KPK tidak tangkap… siapa lagi yg bisa tangkap? KPK harus tunjukkan kinerjanya dong…Apa tunggu Ahok jadi ketua KPK mungkin?

  23. Kayanya Para pembesar di daerah papua ada main mata dgn pembesar di pusat (Jkt) kita lihat saja kalau ada pembesar di papua yg di tangkap itu berarti tdk pernah setor ke pusat tapi kalau di diamkan berarti setorang ke jkt lancar terus.

  24. Pejabat PAPUA memang banyak yang belum tersentuh gigi taring KPK, Mungkin Karena KPK juga di Sogok dari Pejabat papua sehingga menjadi jinak.

  25. KPK br sadar ya,atau KPK pura2 ?tau ni,papua sbgai propinsi ygbpng bnyk mndptknnAPBN blm lgnAPBD smntra pembangunan di slrh kab kotan jlnn di tmpt,lalunhr ini KPK mau bcra sn sni seakn papua tdk l
    pernah ada di negara ini,p3jabat papua mulai drnpimpinan smpi staf adalah p3ncuri,smntra r\kyat trs hdp miskn walau ada otsus jg,kemn slm ini uang yg bgt bsr trn dr pem pst ke papuw?.apakah itu hayanya utk pejabat atau utk spa,tlng KP K jgn cm bcra tp bkti yg masyarakat papu btkn,tangkap semua yg mncri tdk pandng bulu,kalau mau papua maju,trma kepala balai,kpla pu msng2 kab kpla 3inas pnddkn,kshtan,perhubngan,krn di st lbh bnyk anggaran mrk kelola,bupati2.Wajib di audit,tp hrs tim dr pst yg audt jgn dr daerah,krn mrk sm aja uda st lingkaran setan yg brkt biro SDM papua bnyk dana beasiswa yg slh di gunakan,slm ini jdnya mahisswa di luar papua dan luar negeri jd korban

  26. Kelihatannya Negara Indonesia Takut Kalau PT. Freeport Ditutup

    Negara Indonesia kuatir karena jangan-jangan PT. Freeport Indonesia mau ditutup. Apa jadinya negara ini kalau Freeport benar-benar tutup. Hancur sudah dan TKI bertambah dan juga ditambah lagi angka kemiskinan. Kalau mau tutup jangan ribu-ribut di media pusat, tutup sajalah diam-diam, tidak semua orang yang menikmati hasil freeport itu. Sebaliknya hanya orang-orang tertentu yang dapat menikmati. Pada hal freeport itu tidak hanya milik satu atau dua kelompok orang tetapi milik bersama orang papua. Kehadiran PT. Freeport juga kadang membawa dampak buruk bagi masyarakat papua pada umumnya. Keberadaan PT. FI tidak membawa keuntungan bagi saya pribadi maupun semua orang yang tidak mendapatkan keuntungan itu. Gara-gara keberadaan PT. FI ada sebagian masyarakat yang menggunakan kata-kata rasis terhadap masyarakat lainnya, padahal mereka itu adalah sesama masyarakat yang sama-sama (Papua) hidup dan mencari nafkah di area PT. FI. Seharusnya persaudaraan dan kebersamaan orang papua itu sangat kuat dengan budayanya namun karena dengan kekayaan alam yang ada di atas tanah mereka, mereka menjadi-jadi dengan hasil kekayaan dengan hidup berfoyah-foyah. Dan mereka pandang suku lain bukanlah suku asli di area PT. FI, pada hal Tuhan memberikan hasil bumi itu untuk orang papua bukan hanya satu dua orang kelompok saja. Orang lain (pendatang) yang datang menikmati kekayaan dengan secara cuma-cuma tidak mengeluarkan kata-kata rasis tetapi begitu sesamanya mau menikmati hasil alam itu, mudahnya mereka mengeluarkan kata rasis. Mereka tidak ingat bahwa suatu saat nanti alam itu akan habis dan tidak selamanya dapat menikmati alam di tempat yang sama dan alam itu pun pelan-pelan akan habis. Karena lebih tepatnya Emas adalah sumber daya alam yang terbatas. Beberapa kelompok masyarakat yang menikmati hasil PT. FI ini tidak pernah sadar dan berpikir bahwa kekayaan yang kita memiliki tidak bisa dibanndingkan dengan kekeluargaan dan kebersamaan orang papua itu sangat indah dan hal itu selalu diakui oleh suku lain. namun, realitas kehidupan berkata lain.
    Ingat dan camkanlah baik-baik PT. FI tidak selamanya anda menikmati hasilnya, jadi tingkatkan tali persaudaraan meskipun nasi sudah menjadi bubur.

    TUTUP PT. FI, KAMI SEBAGIAN MASYARAKAT PAPUA TIDAK RUGI

  27. Berarti KPK sengaja melakukan pembiaran terhadap elit daerah yg korup. Pertanyaannya KPK juga ikut merasakan hasil korup tsb ada apa dibalik ini

  28. Dear Special For Tuan Pimpinan KPK,
    Salam hormat pemerhati Kabupaten Mimika bahwa sejak Bupati di pilih tidak pernah Lama di Timika habiskan waktu di Jakarta.Dprd Kabupaten Mimika sejak di lantik Bupati namun Gubernur Cabut SK sampai sekarang dikarenakan, terkait dengan Gugatan oleh Bupati dll. Namun indikasi besar ttg, pengelapan dana sangat besar sekian Triliyun, karena dampak pembangunan tidak nampak ketika alokasi khusus dan anggran yg di bugedkan tidak sesuai….
    PERLUHNYA ADA AUDIT YANG MENYELURUH GUNA MEMASTIKAN LARI KEMANA DANA DIMAKSUD…

LEAVE A REPLY