Bersama Donald Trump , Jokowi Masuk 10 Pemimpin Top Dunia

37

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, terbilang populer di dunia maya. Dalam studi yang dilakukan Burson-Marsteller, terungkap bahwa mantan Gubernur DKI Jakarta itu memiliki 6,4 juta followers di laman Facebook-nya. Tak ayal, Jokowi dimasukkan ke daftar 10 pemimpin dunia yang paling banyak di-follow.

Daftar tersebut dipuncaki oleh Narendra Modi. Ada 39 juta lebih pengguna Facebook yang ‘menyukai’ Perdana Menteri India itu. Duduk di posisi kedua, ada presiden Amerika Serikat yang baru dilantik tahun ini, Donald Trump.

Pemimpin dunia yang paling banyak diikuti di Facebook (source: Burson-Marsteller)

Riset yang dirilis oleh firma kehumasan dan komunikasi global terkemuka itu (24/02/17) turut mengakui bahwa Jokowi lebih populer dari sejumlah pemimpin lain dari Asia Tenggara. Rodrigo Duterte (Presiden Filipina) dan Najib Razak (Perdana Menetri Malaysia), misalnya, tak masuk daftar 10 besar walau sama-sama punya lebih dari 2 juta pengikut.

Namun, ada Hun Sen (Perdana Menteri Kamboja) berhasil mengalahkan Jokowi. Hun Sen memiliki peningkatan yang paling fenomenal pada laman Facebook-nya dengan peningkatan empat kali lipat dalam setahun, tepatnya dari 1,6 juta menjadi 6,5 juta.

Dari fenomena Hun Sen, media sosial milik Mark Zuckerberg itu membuktikan bahwa penetrasinya di pasar ASEAN makin dalam, terlepas dari populasi negara yang turut menentukan besarnya jumlah pengikut pemimpin tersebut. Selain itu, hal ini juga menjadi bukti bahwa Facebook sudah menjadi platform pilihan para pemimpin negara di Asia

Sumber

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY