Korupsi e-KTP Berdampak Lambannya Terhadap Pelayanan Di Berau

35

Kaltim ,Tabloidbongkar.com – Mega korupsi di proyek kartu tanda penduduk elektronik  (KTP-el) di ibu kota negara, berdampak pada pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Berau.

Kepada Media Kadisdukcapil Berau Fredy Suryadie menyebutkan, saat ini ada kendala pelayanan di instansinya, yakni kekurangan blanko. Meski demikian pelayanan tidak terputus dan masih berjalan normal seperti biasa.

Proyek yang kemudian di korupsi berjamaah oleh sejumlah pejabat di negeri ini menurut Fredy pasti berdampak luas.

“Bukan hanya Berau tetapi semua daerah. Khusus Berau kita sampai sekarang kehabisan blanko. Tidak ada pengiriman lagi, setelah kasus ini terungkap,” ujarnya.

Padahal puluhan hingga ratusan orang setiap hari datang ke kantor Disdukcapil di Jalan Mangga 2, Tanjung Redeb, untuk mengurus E-KTP Menurutnya meskipun ada dampak tetapi tidak terlalu signifikan.

“Sekarang masih proses di pusat, sementara dari Depdagri belum ada pengiriman blanko lagi. Hanya blanko saja yang jadi masalah, selebihnya normal-normal saja,” lanjutnya.

Untuk proses lanjutan, diterangkan Depdagri harus terlebih dahulu melalukan lelang baut pemenang pengadaan blanko sebelum kemudian didistribusikan ke seluruh Indonesia.

Untuk sementara warga yang datang untuk membuat E-KTP diberikan surat keterangan yang dikeluarkan Disdukcapil, yang menerangkan bahwa yang bersangkutan sudah melakukan pengurusan atau perekaman E-KTP

Surat keterangan ini berlaku selama enam bulan. “Jadi kalau blanko sudah datang mereka ini tinggal dicetakan KTP fisiknya saja,” jelasnya.Surat tersebut dapat dijadikan pengganti E-KTP untuk sementara waktu jika yang bersangkutan membutuhkan keperluan administrasi lain yang membutuhkan keterangan domisili atau keterangan administrasi yang bersangkutan.

Fredy berharap persoalan kasus korupsi yang tengah ditangani KPK tersebut tidak berimbas terlalu lama terhadap pelayanan ke mayarakat. Sebab sejak mencuatnya kasus ini hampir seluruh Indonesia mengalami kendala kehabisan blanko.

Ditanya informasi kapan blanko E-KTP bisa kembali dikirim, Fredy menyebutkan sesuai janji Kemendagri kemungkinan pada April sudah bisa dikirim. “Belum tersedia sampai sekarang, tetapi informasinya April mendatang sudah bisa dikirim, semoga saja sesuai yang kita harapakan kalau bisa lebih cepat lebih baik,” tandasnya. (Mozes)

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY